Perubahan Boneka Dari Jaman Dulu

Perubahan boneka dari jaman ke jaman

Masa 3000-2000 SM
Pada jaman ini, boneka biasanya terbuat dari tanah liat, tulang, ataupun patahan kayu, maupun potongan kain. Memiliki bentuk masih tetap begitu simpel serta mempunyai peranan ritual. Misalnya di Yunani serta Romawi Kuno. Tiap-tiap Buket Bunga Boneka Di Bandung anak wanita mesti mempunyai boneka, lalu membikinkan pakaiannya, serta harus menyimpannya hingga mendekati pernikahan. Waktu mendekati pernikahan, boneka itu harus ditempatkan di altar Artemis (untuk orang Yunani) maupun altar Diana (untuk orang Romawi) untuk upacara keagamaan. Di Mesir kuno, boneka dipakai jadi pengganti kurban manusia.

Masa 600 SM
Pada jaman ini mulai ada boneka yang pakaiannya dapat ditukar, serta kaki dan tangannya dapat digerakkan. Peranan boneka masih tetap sama dengan pada jaman terlebih dulu, yaitu untuk upacara ritual. Boneka adalah deskripsi humanis.

Masa Era ke-5
Berikut era pertengahan. bahan boneka mulai ada yang dari kayu. Peranan ritual boneka masih tetap merasa pada jaman ini. Seperti di Meksiko, bonekanya banyak yang berwujud keluarga suci serta dipakai untuk perayaan Natal. Untuk suku Indian Hopi, boneka jadi sisi dalam upacara kesuburan (memohon agar diberi kesuburan atau kemakmuran).

Era ke-14
Boneka moderen mulai keluar di Eropa. Memiliki bentuk begitu berlainan dengan boneka yang ada terlebih dulu. Berwajah cantik serta halus seperti manusia, dan berdada. Pada jaman ini boneka tak akan berbentuk ritual, namun untuk model. Karenanya, boneka memakai baju atau gaun serta rambut yang benar benar serupa dengan model pada jaman itu. Seringkali beberapa bangsawan memakai boneka untuk menunjukkan sekalian memopulerkan boneka di negara mereka (maklum pada saat itu majalah model belumlah ada). Ini seperti yang dikerjakan ratu Perancis, Isabeau dari Bavaria, di hadapan ratu Inggris. Sebenarnya karena boneka, model Perancis dapat jadi lebih popular diluar negeri.

Era ke-15
Bila pada jaman terlebih dulu boneka di buat untuk pribadi, mulai jaman ini dikomersialkan. Peranannya juga berubah dari ritual serta model jadi mainan. Dalam histori terdaftar, pembuat boneka dengan komersial pertama ada di Jerman. Kota-kota yang memproduksinya yaitu Nuremberg, Augsburg, serta Sonneberg. Berbarengan dengan ituserikat pekerja pembuat boneka terjadi hingga ada ketentuan standard dalam buat serta pasarkan boneka. Tampilan boneka-boneka yang di produksi di Jerman semasa itu biasanya seperti wanita Jerman sesunguhnya. Bahan seperti kayu, tanah liat serta potongan kain masih tetap dipakai.

Era ke-16
Bahan serta kualitas boneka selalu diperbaik. Pabriknya juga bukan sekedar di Jerman, namun juga di Inggris, Perancis, Belanda, serta Italia. Th. 1636 mulai terwujud boneka yang rambutnya terbuat dari rambut wanita sungguhan.

Era ke-17
Pada jaman ini, boneka tidak saja berupa wanita anggun, namun juga bentuk beda seperti bayi dengan baju tidur atau bocah kecil dengan kostum kelasi. Tampilan boneka tak akan sekaku dahulu. Berbahan saja tak akan menggunakan kayu atau tanah liat, namun dari kulit lembut (soft leather) serta lilin agar kulitnya terlihat seperti manusia. Lantas terkecuali mata yang telah dapat digerakkan, boneka juga mulai dapat keluarkan nada tangis serta jalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Boneka Sigale - Gale Asli Nusantara

Jangan Asal Beli!! Tersebut Panduan Pilih Boneka Teddy Bear Besar yang Berkualitas

Membersihkan Rambut Boneka Asli serta Mohair